Sosmed:

Wednesday, 3 February 2016

Replika dan Gambar Rumah Rasulullah


Tentang Islma - Diriwayatkan dari Anas ra dia berkata;


“Saya masuk ke rumah Rasulullah SAW, waktu itu baginda sedang tiduran di ranjang dengan mengenakan selimut. Di atas kepalanya bantal yang terbuat dari kulit yang diisi serabut. Lalu, seorang sahabat masuk ke kamarnya yang diikuti oleh Umar. Rasulullah SAW membalikkan badannya sehingga Umar melihat baju Rasulullah SAW tersingkap antara punggung dan baju, lantas ia melihat ada bekas-bekas pada punggung Rasulullah SAW. Umar menangis.
Lalu, Rasulullah SAW bertanya kepadanya, “apakah yang membuat kamu menangis?”
Umar menjawab , “demi Allah, saya menangis setelah mengetahui bahawa engkau lebih mulia dari raja-raja dan kaisar. Mereka hidup sesuai dengan kemahuan di dunia (mewah dan kaya). Sementara engkau adalah Rasulullah(utusan Allah). Seperti yang saya lihat, engkau tidur di tempat seperti ini (sangat sederhana).”
Rasulullah SAW lalu bertanya, “bukankah kamu suka kalau mereka mendapat kesenangan dunia sementara kita mendapat kesenangan akhirat?”.


Umar menjawab, “ tentu, wahai Rasul.”. Kemudian Rasulullah SAW berkata lagi, “ Memang demikianlah adanya.” (Hadis Riwayat Ahmad)
Nabi kita adalah kekasih ALLAH, namun tak pernah punya rumah besar, apa yang ada cuma sebuah rumah yang terbagi atas ruang sholat, ruang tamu, kamar Saidatina Fatimah Az-Zahra yaitu putri bungsu baginda dan kamar Rasulullah sendiri.
Sementara rumah itu pula hanya beratap pelepah daun kurma bagi menghalang cahaya matahari yang menembus ruang dalam rumah.
Diatas adalah gambar replika rumah yang bisa mejadi renungan untuk kita.
Diriwayatkan dari Aisyah ra, dia berkata,
“Rasulullah SAW menghamparkan sebahagian tikar diwaktu malam dan baginda sholat di atasnya. Baginda pun menghamparkan tikar itu disiang hari untuk tempat orang-orang duduk” (Hadis Riwayat Al-Bukhari dan Al-Baihaqi)
Dibawah ini adalah serpihan runtuhan rumah Baginda
http://semua-tentang-agam-islam.blogspot.co.id/2016/02/replika-dan-gambar-rumah-rasulullah.html
Di atas ini gambar sisa runtuhan rumah Nabi Saw & Sayyidah Khadijah as yang dilihat lebih dekat.

http://semua-tentang-agam-islam.blogspot.co.id/2016/02/replika-dan-gambar-rumah-rasulullah.html

Gambar di atas ini adalah runtuhan pintu masuk ke kamar Rasul Saw di rumah Sayyidah Khadijah as
http://semua-tentang-agam-islam.blogspot.co.id/
Di atas ini adalah Gambar runtuhan tempat Sayyidah Fatimah as, puteri kesayangan Rasulullah Saw dilahirkan.
http://semua-tentang-agam-islam.blogspot.co.id/
Gambar di atas adalah sisa runtuhan kamar Rasul Saw dan Sayyidah Khadijah as.

http://semua-tentang-agam-islam.blogspot.co.id/2016/02/replika-dan-gambar-rumah-rasulullah.html
Di atas ini adalah gambar runtuhan mihrab tempat Rasulullah saw sholat
.
Jika kita bandingkan dengan rumah umat2nya sekarang…jauh berbeda sekali, mungkin tidak salah miliki rumah besar yang nayaman untuk keluarga, rumah yang besar dijadikan tempat menujukan sebuah kedudukan,  yang lebih sedihnya lagi menjadi tanda sesorang itu lebih hebat dari yang lain.
Semoga kita hidup dalam kesederhanaa, miliki rumah besar itu tidak salah, tapi biarlah Seperlunya saja dan berniat hanya untuk membahagiakan keluarga dan hidup dengan nyaman dan tentram bukan untuk bermega-mega.
wallahu a'lam bishawab 
Sumber:myibrah.com
Editor dan penerjemah (Az)

0 komentar:

Post a comment