Sosmed:

Tuesday 2 February 2016

Cara Mudah Agar bisa sholat Tahajjud

Tentang Islam - Begitu manis keutamaan shalat tahajjud, dan masih banyak lagi keutamaan-keutamaan yang lain. Namun pada kenyataannya, betapa sedikit sekali umat Muslim yang dapat berdiri dan mengistiqomahkan shalat tahajud ini. Entah karena malas, atau tidak tahu, atau alasan-alasan lainnya. Atau karena sulit untuk bangun? Maka, disini ada beberapa hal yang dapat mempermudah kita demi menggapai manisnya tahajud (Qiyaamullail ):

http://semua-tentang-agam-islam.blogspot.co.id/
Cara Mudah Agar bisa sholat Tahajjud


1. Niat yang Ikhlas

Berniat ikhlas lillahi ta’ala untuk bangun malam dan melakukan shalat tahjud. Dengan niat yang ikhlas, insya Allah akan meringankan pekerjaan yang semula tampak berat.

2. Azam yang Kuat

Mempunnyai azzam (keinginan) yang kuat dan berdo’a agar dimudahkan untuk mendirikan shalat tahajjud.

3. Biasakan tidur di awal waktu.

Jangan begadang untuk hal-hal yang tidak penting, yang akhirnya hanya akan membuat mata kita lelah dan mengantuk sehingga susah untuk bangun di sepertiga malam.

4. Mengamalkan sunnah-sunnah sebelum tidur.

Biasakan berwudhu, shalat sunnah, berdzikir dan berdoa sebelum tidur. Jangan tidur dalam keadaan berhadats(terutama hadats besar), karena hal ini akan menimbulkan kemalasan di waktu bangun malam.

5. Tidak Menganggap sebagai Pekerjaan Berat

Janganlah beranggapan bahwa bangun di sepertiga malam untuk melakukan shalat tahajud itu sebagai pekerjaan yang berat. Karena pemikiran semacam itu akan berpengaruh pada niat dan kekuatan kita untuk merealisasikan niat tersebut.

6. Menyesuaikan Waktu Tidur

Cobalah untuk mengenali dan menyesuaikan waktu tidur masing-masing. Bila kita telah tahu berapakah standar waktu tidur kita masing-masing, maka kita akan dapat menentukan jam berapakah kita harus mulai tidur, sehingga kita akan bangun tepat di sepertiga malam.

Jika memang ada tugas yang harus diselesaikan dan dibawa pada hari esok, lebih baik dikerjakan selepas melaksanakan shalat tahajud, jangan dikerjakan pada waktu malam (sebelum tidur) yang memakan waktu hingga larut malam dan akhirnya akan membuat kita tidak dapat bangun di sepertiga malam (kesiangan).

7. Tidur Siang (qoilulah

Jika memungkinkan, lakukanlah tidur siang (qoilulah). Dengan tidur siang, insya Allah akan membuat kita lebih kuat untuk bangun di sepertiga malam dan melakukan shalat sunnah tahajud.

8. Hindari Maksiat

Dalam hal ini Sufyan Ats-Tsauri telah menuturkan pengalamannya, “Aku sulit sekali melakukan qiyamullail selama 5 bulan disebabkan satu dosa yang aku lakukan.”.

9. Tidak Terlalu Kenyang

Janganlah makan terlampau kenyang, karena perut yang kenyang akan memberikan efek mengantuk dan malas.

10. Gunakan Alat Bantu (Alarm)

Jangan lupa untuk senantiasa memasang alarm, dan letakkan alarm tersebut di tempat yang jauh dari jangkauan tangan namun tetap dapat terdengar dengan jelas. Dengan demikian, mau atau tidak mau kita akan bangkit dari tempat tidur untuk mematikannya manakala alarm tersebut berbunyi.

11. Efektifkan Kegiatan Siang Hari

Programlah aktivitas siang hari anda dengan seefisien dan seefektif mungkin, sehingga anda tidak terlalu kelelahan untuk bangun di sepertiga malam untuk melakukan shalat tahajud. Hindari kegiatan-kegiatan yang tidak terlalu penting, yang akan menguras stamina anda.

12. Tanamkan Kesadaran

Tanamkanlah kesadaran bahwa anda memiliki kebutuhan jasmani dan ruhani yang harus anda penuhi keduanya dengan seimbang, tidak berat sebelah.

13. Motivasi Diri

Motivasi diri anda untuk bangun malam dengan cara mempelajari dan mengingat betapa besar keutamaan-keutamaan yang terdapat di dalam shalat tahajud.

14. Tanam Rasa Rindu

Tanamkan rasa rindu untuk senantiasa bermunajat dan berkhalwat dengan Allah swt.

15. Saling Mengingatkan

Menanamkan rasa amar ma’ruf di dalam keluarga, sehingga akan senantiasa saling mengingatkan, atau membangunkan untuk shalat tahajud.

16. Memohon kepada Yang Maha Kuasa

Jangan lupa untuk senantiasa berdoa dan memohon kepada Allah swt agar diberikan kemudahan untuk bangun malam dan melakukan shalat tahajud dengan ikhlas dan khusyuk.

Dan masih banyak lagi tips-tips pemudah lain yang belum tertuliskan. Akan tetapi, setidaknya dengan merealisasikan secaraistiqomah (kontinyu) beberapa tips di atas, insyaAllah akan lebih mempermudah kita dalam menggapai keutamaan-keutamaan tahajud. Dengan tahajud, akan dapat ditimbang peningkatan dan penurunan kadar kualitas keimanan seseorang. Oleh karenanya, mari menggapai manisnya qiyaamullail.

Wallahul musta'an

3 comments:

  1. Super sekali.. Terimakasih infonyaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama, Terimakasih telah berkunjung semoga bermanfaat.

      Delete
  2. Super sekali.. Terimakasih infonyaa :D

    ReplyDelete