Sosmed:

Wednesday 6 January 2016

Khasiat Surat al-Fatihah

Semua surat dalam al-Qur’an adalah istimewa. Penyebutan khasiat dalam judul tulisan ini bukan berarti menafikan khasiat surat yanglain. Melainkan penegasan bahwa ada surat-surat tertentu yang Allah pilih dan memiliki khasiat khusus yang tidak dimilki oleh surat yang lainnya.


Tentunya, penyebutan ini hendaknya membuat seorang hamba semakin mencintai al-Qur’an dan bersungguh-sungguh dalam mempelajari dan mempraktekkannya.
Di dalam “Tata Cara Pengobatan Ala Nabi”, Ibnul Qayyim al Jauziyah menjelaskan khasiat surat al-Fatihah sebagai berikut:
  1. Surat al-Fatihah mencakup semua makna kitab-kitab Allah dan mengandung Nama-nama Tuhan dan sifatnya yang mendasar yaitu Allah, Rabb, ar-Rahman dan ar-Rahim.
  2. Surat al-Fatihah mengandung tentang akhirat, penegasan tauhid, dan butuhnya makhluk kepada Allah dalam meminta pertolongan serta petunjuk.
  3. Surat al-Fatihah merupakan doa yang paling utama, paling berkhasiat dan paling bermanfaat. Doa inilah yang amat dibutuhkan oleh hamba-Nya, permohonan agar diberikan jalan yang mengandung pengetahuan, tauhid, dan hamba kepada Sang Khalik dengan sempurna.
  4. Di dalam surat al-Fatihah terdapat tiga golongan manusia. Pertama manusia yang diberikan nikmat; mengetahui kebenaran, mengamalkan, mencintai, dan menghargai nikmat tersebut. Kedua manusia yang dimurkai; mereka yang menyimpang dari kebenaran setelah mengetahuinya. Ketiga manusia yang sesat: manusia yang tidak mengetahui kebenaran dan enggan mencarinya.
  5. Tujuh makna yang terkandung di dalam surat al-Fatihah: Pengukuhan qadar dan syara’, Nama-nama dan sifat-sifat Allah, Tempat kembali dan nubuwat, Penyucian jiwa, Perbaikan hati, Penyebutan kebaikan Allah, Penolak terhadap semua pelaku bid’ah dan pelaku kebatilan.
  6. Surat al-Fatihah bisa menyembuhkan berbagai penyakit dan dapat digunakan sebagai ruqyah bagi orang yang terkena segatan.
  7. Surat al-Fatihah merupakan keikhlasan dalam beribadah, pujian kepada Allah, penyerahan segala urusan kepada-Nya, permohonan kepada-Nya, tawakkal kepada-Nya, dan permintaan atas semua nikmat kepada-Nya.
  8. Surat al-Fatihah merupakan sebuah hidayah yang dapat mendatangkan segala kenikmatan dan menolak semua bentuk kemurkaan.
Inilah di antara khasiat surat pertama dalam al-Qur’an tersebut. Beruntungnya, bagi kita kaum muslimin yang rajin mendirikan shalat, surat al-Fatihah ini otomatis dibaca minimal tujuh belas kali dalam sehari. Semoga khasiatnya bisa dirasakan dalam kehidupan sehari-hari dan bermanfaat untuk kehidupan akhirat. Aamiin
sumber : dakwah,tausiyahislami

0 komentar:

Post a Comment