Sosmed:

Sunday, 17 January 2016

8 Adab Ketika Hendak Menuju Masjid



MASJID dimana tempat yang selalu dikunjungi umat. Banyak hal dan kegiatan dilakukan di sana, tak hanya dipenuhi oleh orang-orang yang melakukan ibadah kepada Allah Swt. namun juga ramai sebagai pusat berbagai aktivitas kemaslahatan.
Ada yang bertujuan untuk menghadiri majelis ta’lim, membaca Al-Qur`an, untuk melaksanakan shalat, dll. Pada bahasan kali ini akan dibahas tentang adab berjalan menuju masjid untuk melakukan shalat berjamaah.
Di antara keutamaan yang dijanjikan bagi orang yang berjalan menuju masjid untuk melaksanakan shalat berjamaah adalah tidaklah mereka melangkahkan kakinya kecuali sebagai penghapus dosa dan satu langkah yang lainya sebagai pengangkat derajat. Keutamaan ini hanya didapatkan oleh mereka yang keluar dari rumahnya dalam keadaan suci dan tidaklah dia keluar kecuali untuk shalat. Sebagaimana yang diriwayatkan oleh al-Imam Muslim dari sahabat Abu Hurairah radhiyallaahu ‘anhu:

“Barang siapa yang bersuci di rumahnya kemudian dia berjalan menuju salah satu rumah dari rumah-rumah Allah (masjid) untuk menunaikan shalat fardhu, maka kedua langkahnya adalah salah satunya menghapus dosa dan yang lainnya menaikkan derajat,” (HR. Muslim no. 666).
Untuk itu saat kita hendak mendatangi masjid, sebaiknya terlebih dahulu kita melaksanakan adab-adabnya, selain mengharap ridha Allah Swt dan pelaksaan ibadah di masjid mendapat keberkahan, sesungguhnya hal tersebut adalah yang dicontohkan Rasul, sehingga jelas akan bernilai ibadah dan termasuk umat yang memuliakan sunnahnya.
Adab-adab ketika Hendak menuju Masjid
1. Hendaklah berangkat ke masjid dalam keadaan telah bersuci.
2. Membaca doa keluar rumah.
3. Berjalan dengan tenang dan tidak tergesa-gesa.
4. Membaca doa menuju masjid.
5. Memakai pakaian yang yang layak.
6. Masuk masjid dengan mendahulukan kaki kanan.
7. Membaca shalawat dan salam kepada Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam serta doa ketika hendak masuk masjid.
8. Membaca shalawat dan salam kepada Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam serta doa ketika hendak keluar masjid.

semua tentang agama islam

0 komentar:

Post a comment